Bantuan Bahan Pokok untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

Bantuan Bahan Pokok untuk Masyarakat Terdampak Covid-19 Gambar

Sisi lain dari pandemic adalah munculnya nilai-nilai kemanusiaan dengan berbagai bentuknya, mulai dari masyarakat biasa, pemerintah, dunia industri, dan akademisi semuanya berusaha memberikan manfaat sesuai dengan sumber daya yang mereka miliki.

Salah satunya Universitas Negeri Surabaya. Melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) yang menggandeng Unesa Crisis Center (UCC), mereka memberikan bantuan makanan pokok kepada masyarakat yang terdampak ekonomi karena pandemic. Desa-desa di Jawa Timur yang selama ini telah menjadi mitra Unesa menjalankan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) menjadi wilayah sasaran program.

Sjafiatul Mardliyah, dosen Unesa sekaligus ketua program pengabdian masyarakat “Pembagian sembako untuk masyarakat desa mitra KKN Unesa”, menyatakan bahwa bingkisan. yang diberikan berupa kebutuhan primer, seperti beras, gula, minyak goreng, dan juga bahan pokok lainnya. Mereka berharap bantuan tersebut mampu meringankan penderitaan masyarakat karena situasi darurat Covid-19.

Sjafi’ menambahkan bahwa dalam proses distribusi bantuan, mereka mematuhi protokol kesehatan dan juga kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang sedang diberlakukan di Surabaya Raya. Panitia memilih menitipkan bantuan tersebut melalui tim UCC untuk menghindari kerumuman manusia saat distribusi. Selanjtunya, tim UCC bekerjasama dengan perangkat desa sasaran program untuk memberikannya langsung kepada warga yang membutuhkan.

Siti Masyitoh, salah satu warga dari Desa Kemodo, Mojoagung, Jombang yang menerima bantuan mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Unesa yang telah demikian perhatian kepada mereka. Tak hanya bantuan sembako, tetapi juga bantuan immaterial berupa support dan juga pengetahuan seputar berjuang mempertahankan imunitas keluarga yang disampaikan di sela pengajian rutin Muslimat daerah tersebut. Masyitoh dan para Ibu di Kemodo berharap support Unesa berkelanjutan hingga pandemic betul-betul berakhir di negeri ini.

Foto kegiatan

  1. Distribusi bingkisan oleh tim UCC di Rektorat Unesa
  2. Penyerahan bantuan tim PKM Unesa kepada perwakilan warga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.